9 Pilihan Tempat Wisata di Puncak yang Harus Ada di List Liburan

Tempat Wisata Di Puncak – Puncak merupakan tujuan wisatawan menghabiskan akhir pekannya, terutama masyarakat Jakarta. Selain memiliki udara yang sejuk, dan segar, alasan mengunjungi tempat ini adalah minimnya jumlah polusi kendaraan. Selain wisatawan lokal, Puncak juga sering dikunjungi wisatawan asal Asia dan Timur Tengah.

Dari Jakarta, Pucak berjarak sekitar 70 KM. Tepatnya berada diperbatasan antara Bogor dan Cianjur. Saat musim liburan tiba, jalur menuju Puncak sangat ramai. Disini ada sistem buka tutup jalan. Jadi jika kamu berencana liburan kesini, harus mengetahui sistem buka tutup jalan ini.

Dan kamu juga harus sudah menulis objek wisata mana saja, yang akan kamu kunjungi. Berikut 9 pilihan tempat wisata di Puncak yang harus ada di list sebelum liburan tiba :

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Pilihan tempat wisata di Puncak yang pertama, adalah Taman Bunga Nusantara. Taman ini berlokasi di Jalan Mariwati KM 7, Kabupaten Cianjur. Tempat wisata ini sudah dibangun sejak tahun 1992, dan merupakan taman tematik pertama di Indonesia. Di Taman Bunga Nusantara, terdapat sekitar 2.000 spesies anggrek.

Berlibur kesini, kamu bisa bermain di taman yang memiliki tema berbeda. Seperti Taman Air dengan berbagai jenis teratai, Taman Mawar yang banyak bunga mawar dengan berbagai warna, Taman Mediterania yang memiliki banyak koleksi katus dan tanaman yang hidup di padang pasir. Ada juga Taman Jepang, Taman Perancis, Taman Bali, dan Taman Labirin.

Untuk bisa menikmati liburan di Taman Bunga Nusantara, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 30.000 per orang. Dan setiap masuk ke taman tematiknya, ada biaya tiket tambahan sekitar Rp. 10.000 per orang.

2. Taman Safari Indonesia

Ingin merasakan sensasi hidup ala tarzan ? Berlibur saja ke Taman Safari Indonesia, yang berlokasi di Jalan Raya Puncak 601, Cisarua. Dari Tol Ciawi sekitar 10 menit. Selain menghabiskan waktu liburan, berlibur kesini bisa menambah edukasi tentang berbagai jenis binatang. Disini binatang akan berkeliaran bebas, seperti di habitat mereka.

Kamu akan dibawa keliling melihat habitat binatang, seperti singa, harimau, jerapah, zebra, rusa, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu bisa memberi makan binatang jinak, seperti jerapah, rusa, dan gajah. Di Taman Safari Indonesia juga terdapat banyak wahana permainan, dan kolam renang yang bersih. Wahana ini bisa kamu nikamti setelah berkeliling habitat hewan – hewan tadi.

Taman Safari Indonesia menawarkan dua tour, yaitu siang dan malam. Jika kamu berkunjung malam hari, maka akan bertemu binatang nokturnal yang hanya jarang ditemukan di siang hari. Tiket masuk tempat wisata ini sekitar Rp. 150.000 (dewasa), dan Rp. 140.000 (anak-anak).

3. Danau Lido

Danau Lido merupakan tempat wisata di Puncak, yang berlokasi di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Puncak Bogor. Danau Lido adalah wisata Puncak yang sudah lengkap fasilitasnya. Wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona, yaitu panorama danau. Kamu bisa menjelajahi danau tersebut menggunakan perahu naga, becak air, dan perahu rakit.

Selain menjelajah danau, ada banyak permainan lain yang bisa kamu nikmati, seperti luncur gantung, layang gantung, memancing, dan ATV. Jika kamu belum puas menikmati keindahan Danau Lido, kamu bisa menyewa penginapan untuk bermalam. Untuk tiket masuknya, kamu harus bayar sekitar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk permainan, penginapan, dan restoran masing – masing memiliki tarif sendiri.

4. Istana Kepresidenan Cipanas

Ingin belajar sejarah di Puncak ? Berkunjung saja ke Istana Kepresidenan Cipanas. Awalnya istana ini dibangun diatas tanah milik pribadi Tuan Belanda, dan berdiri sejak tahun 1740. Istana ini dulunya merupakan tempat beristirahat gubernur. Namun setelah Indonesia merdeka, tempat ini menjadi istana untuk presiden.

Didalam Istana Kepresidenan Cipanas, terdapat banyak koleksi bersejarah, seperti ukiran dan lukisan karya pelukis lokal dan manca negara. Selain melihat koleksi – koleksi, disini kamu bisa belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, dan menikmati arsitektur khas Belanda.

Berlokasi di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Istana ini dibuka setiap hari kecuali hari jumat dan libur nasional. Jam bukanya mulai 08:00 – 14:00 WIB. Untuk bisa masuk ke istana, kamu diwajibkan memakai pakaian seperti batik, atau kemeja, dan harus bersepatu. Nah jika kamu berencana berlibur kesini, kamu harus memesan 7 hari sebelum hari libur.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Pada tahun 1980, taman nasional ini sudah resmi menjadi tempat wisata di Puncak yang wajib dikunjungi. Memiliki luas sekitar 22 hektar. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan satwa khas Indonesia, seperti owa jawa, kepik raksasa, sigung, macan tutul, lutung, surili, dan elang jawa. Selain hewan, disini kamu akan menemukan beberapa jenis tanaman liar, seperti rafflesia, anggrek hutan, dan bunga kantong semar.

Jika kamu ingin bertemu dengan binatang yang lebih langka, coba lakukan pendakian selama 2 hari 1 malam. Setelah mendaki, kamu akan dibayar dengan panorama yang apik. Kamu akan menemukan berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka. Untuk tiket masuknya sekitar Rp. 10.000 dan Rp. 5.000 per orang. Disini juga disediakan tempat untuk mendirikan tenda.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas,Sindangjaya, Cipanas. Termasuk dalam lingkungan bersuhu tinggi, Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian sekitar 1.275 meter diatas permukaan laut. Kebun ini memiliki suhu yang sangat tinggi, sekitar 15 derajat celcius.

Di sekitaran Kebun Raya Cibodas, banyak tumbuh tumbuhan dataran tinggi tropis, seperti kaktus dan anggrek. Selain itu disini juga memiliki 5.831 jenis tumbuhan, termasuk spesies tumbuhan lumut.

Berlibur ke tempat ini, kamu bisa memilih menginap secara outdoor atau indoor. Disini banyak penginapan yang bisa kamu sewa, atau lahan hijau yang bisa kamu jadikan tempat mendirikan tenda. Dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00, sedangkan tiket masuknya sekitar Rp. 10.000 per orang. Untuk biaya parkirnya Rp. 5.000 sampai Rp. 15.000 saja.

7. Bukit Gantole

Ingin merasakan terbang dengan gantole, di ketinggian 1.200 meter ? Berlibur saja ke Bukit Gantole, yang berada di kawasan agrowisata Gunung Mas. Tempat wisata di Puncak ini, cocok kamu pilih sebagai penguji adrenalinmu. Tenang saja, kamu akan ditemani instruktur yang sudah terlatih.

Nah jika kamu ingin tebang bersama gantole, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 350.000 per orang dan untuk satu kali terbang. Biasanya sebelum terbang, instruktur akan menentukan arah, dan kondisi cuaca baik atau tidaknya.

8. Melrimba Garden

Melrimba Garden merupakan salah satu tempat wisata di Puncak yang cocok buat menghabiskan liburan bersama keluarga. Berada di Jalan Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua Bogor. Melrimba Garden sangat mudah ditempuh, karena tempat ini bebas dari kemacetan. Dari Jakarta hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja.

Berlibur ke Melrimba Garden bisa membuat otak kamu refresh kembali, setelah seminggu bekerja. Disini kamu bisa berjalan – jalan santai, berkunjung ke rumah kaca yang banyak tanaman anggreknya. Selain itu kamu bisa berkeliling di area perkebunan teh, panen buah strawberry, memancing, ATV, dan mendayung perahu.

Jika kamu punya rencana berlibur sambil ber-barbeque ria, disini juga menawarkan menu paket tersebut. Melrimba Garden dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 – 21:00 kecuali hari sabtu bukanya sampai pukul 23:00 WIB. Tiket masuknya relatif murah, sekitar Rp. 15.000 – Rp. 30.000 per orang tergantung umur dan jumlah romobongan.

9. Kampung Nde

Ingin wisata kuliner yang beda ? Berkunjung saja ke Kampung Nde. Tempat wisata kuliner yang mengusung suasana pedesaan, lokasinya berada di Daerah Cipanas, Cianjur. Selain berwisata kuliner, kamu bisa menikmati permainan desa seperti egrang, bakiak batok, dan congkak.

Masuk ke Kampung Nde kamu akan disambut kolam pemancingan, yang lengkap dengan saung-saungnya. Masuk semakin dalam, kamu akan menemukan desa buatan yang terdapat kebun sayuran, dan kandang hewan, seperti ayam, angsa, kelinci, dan bebek. Di desa ini, kamu bisa bermain ATV, atau mencoba trek sepeda.

Menu utama disini, adalah makanan tradisional khas Sunda yang lengkap ditemani alunan suling. Berlibur ke Kampung Nde, kamu tidak dikenakan tiket masuk. Namun untuk menyewa sepeda, ATV, dan permainan lainnya kamu harus mengeluarkan biaya sendiri.

Nah sudah gak bingung kan, cari tempat menghabiskan liburan di Puncak ? Itulah 9 pilihan tempat wisata di Puncak yang harus ada di list sebelum liburan tiba. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *