Cara Tepat Penggunaan Simple Present Tense

Belajar tentang bahasa Inggris memang tidak akan ada habisnya. Ada banyak sekali bentuk kalimat bahasa Inggris yang membuat kita akan semakin bingung dalam membedakan mana yang merupakan kalimat benar apalagi kalau kita akan menulis dalam bahasa Inggris. Salah satu jenis tense yang membuat kita bingung dan bisa dikatakan paling mudah dimengerti adalalah jenis kalimat simple present tense.

Untuk kalimat simple present sendiri merupakan kalimat bahasa Inggris yang kadang sehari-hari kita gunakan untuk berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris tentunya. Ada banyak kalimat simple present yang mudah dimengerti dan tentunya sudah banyak kita pakai dalam keseharian misalnya I eat chocholate, she is beautiful, dan juga penggunaan kalimat he doesn’t like banana.

Image Source: englishstudypage.com

 

Bisa dikatakan memang penggunaan kalimat simple present sangat mudah untuk dipahami dan juga digunakan sebagai pilihan grammar kita. Yang memudahkan dalam menggunakan dan mengerti jenis kalimat simple present ini adalah beberapa kalimat yang ada di contoh kalimat simple present sudah banyak kita pakai dalam keseharian.

Tapi agar kita juga mempunyai banyak sekali bendaharaan berkaitan dengan kata dan juga kalimat simple present, maka ada baiknya juga untuk memahami lebih jauh tentang aturan yang ada di dalam grammar kalimat simple present satu ini. Dengan ini tentunya kita akan lebih mudah dalam berbahasa ingggris untuk ke depannya.

Pengertian Simple Present Tense

Untuk kalimat simple present tense kita bisa mengartikannya dari kata per kata. Simple kita bisa artikan dengan sederhana, present kita artikan dengan sekarang. Maka dari dari itu arti untuk kalimat simple present adalah kalimat yang menjelaskan tentang sesuatu atau kejadian yang sedang terjadi sekarang dengan pola kalimat yang akan dipakai juga sangat sederhana.

Kita ketahui juga kalau kalimat simple present ini mempunyai dua jenis yang berbeda. Dua jenis dari kalimat simple present ini adalah nominal simple present dan juga verbal simple present. Dari dua jenis kalimat simple present tentunya belum banyak yang tahu kalau ada dua jenis yang biasanya kita pakai sebagai kalimat keseharian kita. Agar lebih jelas lagi, maka kita pelajari juga tentang dua jenis dari kalimat simple present ini.

Untuk memudahkan dalam membedakan dua jenis kalimat simple present ini, maka berikut ini ada pola yang bisa dipakai dalam membedakan dua jenis dari kalimat simple present ini :

Nominal Simple Present

(+) Subject + To Be (is/are/am) + adj/adv

(-) Subject + To Be (is/are/am) + not + adj/adv.

(?) to be (is/are/am) + Subject + adj/adv

Berikut ini beberapa contoh kalimat dari nominal simple present :

(+) he is very patience

(-) he is not very patience

(?) is he patience?

Verbal Simple Present

(+) S + V1 (+s/es) + Object

(-) S + do/does not + V1 + Object

(?) Do/does + S + V1 + Object

Berikut ini contoh dari penggunaan verbal simple present dalam kalimat :

(+) she goes to school

(-) she doesn’t go to school

(?) does she go to school?

Penggunaan dari kalimat simple present tense ini sebenarnya ada aturannya sendiri. berikut ini ada aturan untuk apa saja kita akan bisa menggunakan kalimat simple present, diantaranya adalah :

  1. Menyatakan kebiasaan yang dilakukan.
  2. Menyatakan tindakan yang berulang.
  3. Menyatakan sebuah fakta.
  4. Menyatakan perintah.
  5. Menyatakan sebuah kepemilikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *