8 Pesona Pantai di Jember yang Wajib Kamu Jamah Saat Liburan

Pantai di Jember – Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang sudah terkenal hingga manca negara. Setiap tahun di Jember, sering diadakan sebuah festival, yang disebut Jember Fertival Carnival (JFC). Festival tahunan ini selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal ataupun manca negara, karena disuguhkan secara menarik.

Selain festival tersebut, Jember menjadi tujuan wisatawan lokal ataupun manca negara, karena di Kabupaten Jember memiliki banyak tempat wisata yang mempesona, salah satunya wisata pantai. Berikut 8 pesona pantai di Jember yang diambil dari blog wisatalogi.com :

1. Pantai Pulau Nusa Barong

Pantai Pulau Nusa Barong

Selain Thailand, Indonesia juga punya Pulau Phi-Phi yang menarik. Pulau Phi-Phi di Indonesia terletak di Jember, yaitu Pantai Pulau Barong. Banyak yang menyebut pantai di Jember ini sebagai Phi-Phi nya Indonesia. Pulau Nusa Barong merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni, disana hanya dihuni satwa-satwa, seperti penyu hijau, biawak air, monyet, dan rusa Jawa.

Pantai Pulau Barong berada di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Pulau ini masih jarang dijamah oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Oleh sebab itu pulau ini masih sangat asri, dan bersih. Pulau yang memiliki luas 6100 hektar ini, memiliki pantai yang air lautnya berwarna hijau kebiruan.

Berwisata ke Pantai Pulau Nusa Barong cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana sepi, jauh dari keramaian. Disini kamu bisa berjemur, berenang di pantai yang cantik, atau bermain-main pasir. Jika ingin berkemah, pulau ini cocok dijadikan tempat berkemah kamu. Tapi kebersihan harus dijaga.

2. Pantai Puger

Pantai Puger

Kalau Pantai Pulau Barong jarang di jamah oleh wisatawan, Pantai Puger justru sangat ramai wisatawan. Hampir setiap liburan tiba, pantai ini selalu ramai wisatawan lokal maupun manca negara. Pantai yang berlokasi di sebelah barat daya Kota Jember.

Alasan kenapa pantai ini sangat ramai dikunjungi, yaitu pemandangan pantai yang sangat indah. Berlibur kesini, kamu juga bisa melihat Pulau Nusa Barong. Pantai Puger memiliki air laut yang sangat menyegarkan mata, dan hamparan pasir yang putih dan halus.

Di Pantai Puger selain kamu bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat aktivitas para nelayan, dan juga membeli hasil tangkapan mereka. Disini terdapat sebuah tempat pelelangan ikan. Kamu bisa membeli ikan-ikan sebagai oleh-oleh.

3. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Pantai yang berlokasi di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, kabupaten Jember ini, terkesan mistis dan memiliki suasana yang sangat sunyi. Namun pantai di Jember ini sangat direkomendasikan untuk kamu jamah.

Meskipun terkenal dengan cerita mistisnya, Pantai Bandealit memiliki panorama alam yang sangat-sangat indah. Air laut yang jernih serta hamparan pasir putih yang halus, siap memanjakan liburan kamu di Pantai Bandealit.

Disekitar Pantai Bandealit juga terdapat sebuah danau buatan, danau cantik ini bisa kamu lihat ketika ombak Pantai Bandealit sedang tinggi. Selain menikmati panorama alam khas pantai ini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas air, seperti body surfing. Jika kamu tak membawa alatnya, kamu tak perlu bingung. Disini sudah disediakan alat body surfing, yang bisa kamu gunakan.
Jika kamu ingin bermalam dipantai ini, kamu bisa mendirikan tenda disekitar pantai. Atau menginap di penginapan Taman Nasional Meru Betiri.

4. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo

image: bagi-in.com

Pantai di Jember lainnya, adalah Pantai Watu Ulo. Bernama Watu Ulo karena di pantai ini terdapat tatanan bebatuan, yang membentuk seperti ular. Pantai Watu Ulo berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Papuma, sehingga pemandangannya juga hampir mirip.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Tak hanya saat siang hari saja, tetapi ketika malam hari Pantai Watu Ulo masih ramai pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik, tetapi memiliki ombak yang tinggi. Sehingga kamu disarankan untuk tidak berenang disini.

Berjalan-jalan disekitar pantai, kamu akan menjumpai dua goa, yaitu Goa Jepang dan Goa Kelelawar. Jika kamu ingin melihat binatang kelelawar, kamu bisa mengunjungi Goa Kelelawar.
Pantai Watu Ulo juga sering dijadikan sebagai tempat ritual, yaitu Ritual Larung Sesaji. Sebuah ritual tahunan melempar sesaji ke dalam laut, menggunakan perahu. Ritual ini dilakukan pada 7 syawal, dan sebagai bukti rasa syukur warga sekitar Pantai Watu Ulo.

5. Pantai Paseban

Kamu suka surfing ? Bingung cari pantai di Jember yang bisa surfing ? Berkunjung saja ke Pantai Paseban. Pantai yang berlokasi di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Atau sekitar 52 KM ke arah barat laut Kota Jember.

Pantai Paseban cocok buat kamu yang berhobby surfing, karena pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Selain itu kamu bisa berenang, atau memancing ikan disekitar pantai. Berkunjung ke Pantai Paseban, sebaiknya sore hari. Kenapa ? Karena disini kamu bisa melihat cantiknya matahari tenggelam, disebelah barat.

Untuk bisa ke Pantai Kaseban, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sedangkan untuk tiket masuk pantai, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp. 5.000 per orang.

6. Pantai Payangan

Pantai Watu Ulo ramai pengunjung ? Singgah saja ke Pantai Payangan. Pantai yang masih satu lokasi dengan Pantai Watu Ulo, berlokasi di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Pantai Payangan terkenal dengan panorama tiga pantai, tiga bukit, dan satu teluk.

Pantai Payangan memiliki panorama alam yang sangat indah, air laut yang jernih, dan hamparan pasir putih dan hitam yang indah. Tak hanya pemandangan pantainya saja, pemandangan bukit-bukit disana juga sangat indah. Sering dijadikan sebagai spot foto.

Berlibur ke Pantai Payangan selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa menikmati hasil lautnya. Untuk tiket masuknya kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja, untuk kendaraan roda dua Rp. 3.500 dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

7. Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak adalah salah satu pantai di Jember yang masih perawan, karena lokasi menuju pantai masih sangat sulit. Lokasinya berada di Jember sebelah selatan, tepatnya di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Meskipun pantai ini masih sangat perawan, namun keindahan alamnya wajib kamu jamah. Air laut yang jernih, bersih, dan hamparan pasir yang putih dan halus. Pantai Rowo Cangak juga terkenal bersih, jadi kamu jangan membuang sampah apapun disini agar kebersihannya terjaga.

Berwisata ke Pantai Rowo Cangak, kamu harus menyiapkan energi penuh. Akses jalan menuju pantai sangat sulit. Kamu harus melewati hutan karet yang jalannya tidak beraspal, dan menyeberangi sungai dengan jembatan yang menantang adrenalin. Kamu juga harus membawa bekal makanan dan minuman, karena disini belum ada warung-warung.

8. Pantai Papuma

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Papuma, pantai ini merupakan pantai populer yang ada di Kabupaten Jember. Pantai ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Pantai ini sering menjadi tujuan wisatawan lokal, maupun wisatawan manca negara.

Pantai Papuma memiliki pemandangan yang sangat indah, tak boleh kamu lewatkan ketika berlibur ke Jember. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya, serta udara yang sangat sejuk. Berwisata ke Pantai Papuma, kamu diperbolehkan untuk berenang, karena ombak disini tidak terlalu berbahaya.

Selain hamparan pasir putih, dan udara yang sejuk. Panorama perbukitan yang mengelilingi pantai membuat suasana pantai sangat asri. Berlibur ke Pantai Papuma tak hanya menikmati keindahan alamnya saja, kamu bisa melakukan kegiatan berkemah. Pantai Papuma memiliki suasana yang sangat romantis, cocok buat kamu yang ingin berbulan madu.

Indahkan rekomendasi pantai diatas ? Nah siapkan dirimu untuk berlibur ke Jember. Itulah 8 pesona pantai di Jember yang wajib kamu jamah, saat liburan. Selamat berlibur, semoga liburanmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *