4 Tips Mengatur Desain Ruang Keluarga Minimalis

Ruang keluarga merupakan tempat yang bisa dikatakan center atau pusat. Sehingga anda tidak bisa mengabaikan kenyamanan ruang keluarga di rumah anda. selain nyaman jika perlu ruang keluarga tidak memiliki banyak perabotan yang merepotkan.

Hal ini menjelaskan bahwa desain minimalislah yang paling cocok untuk ruang keluarga tersebut. Untuk melengkapi desain ruang keluarga minimalis anda, berikut ini tips dan triknya agar anda tidak merasa kesulitan :

1. Pilih Perabotan

ruang keluarga sederhana
liputan6.com

Untuk menciptakan kesan minimalis pada ruang keluarga anda harus memilih perabotan yang tepat dan juga sesuai. Jangan sembarangan memilih, terutama jika anda memiliki anak kecil yang baru berjalan atau baru belajar merangkak.

Perabotan ini berguna untuk menghidupkan kesan minimalis tanpa menghilangkan kesan nyaman dan aman karena digunakannya pada ruang keluarga. Jika anda bisa memilih perabotan yang tepat maka mudah untuk menciptakan desain ruang keluarga yang minimalis dan juga sesuai.

2. Mood Minimalis Dengan Warna

dekorasi ruang keluarga
tempo.co

Kata siapa ruang keluarga harus itu-itu saja warnanya. Minimalis memang termasuk konsep yang kaku dan terstruktur, namun bukan berarti monotone dan itu-itu saja. Anda tetap bisa menciptakan konsep minimalis dengan bermain warna.
Namun kuncinya adalah jangan menggunakan warna terlalu berani dan terlalu beragam.

Itu hindari warna berat seperti perak dan emas yang biasa digunakan dalam konsep desain mewah. Mood ini bisa membawa suasana yang berbeda, jika anda menggunakan warna biru cerah dan hijau tentu akan menambah mood yang diberikan pada ruang keluarga minimalis anda.

3. Buat Fokus

model ruang keluarga
kompas.com

Selanjutnya untuk menciptakan kesan rumah yang keren dan juga minimalis anda harus menentukan fokus yang tepat dalam desain. Misalnya jika dalam gambar meskipun ruangannya kecil dan menggunakan warna minimalis yang berwarna abu namun pemilik menambahkan kursi tebal atau sofa tebal sebagai poin utama ruang keluarga tersebut.

Tidak perlu kahwatir akan mengalami perubahan konsep, karena sofa disana menjadi titik fokus tanpa tambahan lemari besar atau karpet mewah. Desain tidak akan berubah.

4. Hiasi Dinding

cat ruang keluarga

Meskipun ruang keluarga nantinya hanya akan dinikmati oleh anda dan anggota keluarga bukan berarti ruang keluarga harus jelek kan ? desain minimalis mengutamakan konsep sederhana namun tetap unik dan berbeda.

Jangan biarkan ruang keluarga terlihat jelek, tambahkan hiasan dinding baik dengan foto anda yang menggunakan bingkai hitam. Bisa juga hiasan dinding khusus untuk desain minimalis. Tidak perlu terlalu banyak namun cukup mewarnai dinding.

Hiasan dinding juga biasanya merefleksikan pribadi orang tersebut. untuk anda yang senang akan keindahan alam pasti memasang bentuk alam atau lukisan yang mengilustrasikan alam, ada juga yang simpel hanya memasang foto atau mereka yang memasang lukisan abstrak untuk menambah kesan luar biasa pada ruang keluarga.

Selain tips dan trik diatas ada beberapa tips tambahan untuk anda yang ingin membangun kesan minimalis pada ruang keluarga.

  • Jangan terbatas pada perabotan, khususnya jika ruang keluarga anda luas. Mengingat rumah atau ruang keluarga pasti juga akan dikunjungi oleh sanak saudara. Keindahan dan kenyamanan harus selaras dan sama.
  • Jangan takut bermain warna dan juga konsep. Konsultasikan dengan orang yang ahli atau pakar desain interior untuk bisa mendapatkan desain yang keren dan sesuai.
  • Ketika membeli perabotan pertimbangkan apakah luasannya cukup selain itu apakah perabotannya cocok atau tidak. Jangan asal membeli karena jika tidak sesuai akan merusak warna mnimalisnya.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *