Cara Budidaya Ikan Betok Yang Menguntungkan

Pernahkah anda mendengar ikan betok? Sepertinya sudah sering ya kita mendengarnya sebagai ikan hasil tangkapan memancing di sungai. Nah ternyata ikan yang hidup liar di air tawar ini dapat anda budidaya dengan mudah loh dan dengan harga jual yang tinggi. Penasaran bagaimana cara budidaya ikan betok? Simak informasinya berikut ini.

Sediakan tempat budidaya

Ikan betok termasuk dalam ikan tawar yang liar dan sebenarnya dapat hidup dalam kondisi tempat apapun yang terpenting adalah dalam air tawar. Ada beberapa tempat budidaya ikan betok atau kolam yang dapat anda gunakan yaitu kolam tanah, kolam beton, kolam terpal, dan sebagainya.

Namun jika menggunakan kolam tanah anda mungkin saja akan merasa kesulitan pada tahap pemanenan nantinya karena ikan betok atau ikan betik ini akan berendam pada lumpur sehingga ikan tersebut akan sulit terlihat dan sulit ditangkap ketika panen. Buatlah kolam yang sesuai yang tidak terlalu kecil dan tepat untuk budidaya ikan pada umumnya.

Nah pada dasar kolam anda dapat melakukan pemupukan, terlebih lagi untuk ikan betok yang masih kecil agar pertumbuhannya tidak terhambat dan lebih cepat besar. Kemudian untuk ikan betok yang bukan anakan anda dapat melakukan pemupukan dasar kolam maupun tidak karena hal tersebut tidak terlalu berpengaruh dan ikan betok dapat hidup dalam kondisi apapun.

Lakukan penebaran benih pada kolam

ikan betok mampu menghasilkan ribuan telur ikan yang didapatkan dari pemijahan yang biasanya dilakukan secara buatan. Selama dalam kurun waktu 12 – 24 jam ribuan telur tersebut akan menetas yang sebelumnya juga perlu diperhatikan suhu agar telur tetap terjaga yaitu kisaran suhu 26°C dan 30°C.

Ribuan anakan ikan betok akan dihasilkan dalam hanya kurun waktu yang sebentar saja. Anda dapat membayangkan betapa banyaknya ikan betok nantinya yang akan dipanen. Sungguh luar biasa ya tentunya.

Pemberian pakan dan pemeliharaan

Pada tahap pemberian pakan ini anda tak perlu terburu-buru memberikan pakan pada anakan ikan yang baru saja menetas, karena anakan tersebut masih mempunyai cadangan makanan hingga 4 hari lamanya. Setelah cadangan makanan habis, barulah anda dapat memberikannya pakan berupa kuning telur hingga 10 hari lamanya.

Nah anakan ikan batok nantinya baru dapat diletakkan pada kolam besar jika usianya telah 2 bulan yang hingga usia tersebut anakan ikan betok diberikan pakan berupa pelet yang dihaluskan mengingat ikan tersebut masih kecil atau anakan.

Tahap pemanenan ikan

Tahap yang ditunggu-tunggu yaitu tahap pemanenan ikan betok. Nah ikan betok biasanya untuk dikonsumsi dan beberapa diantanya juga dipanen untuk diproduksi yang akan menghasilkan benih. Tentu dalam pemanenan ini ada kriteria tertentu untuk ikan mana yang bisa dipanen yaitu ikan betok yang telah berusia 4 bulan yang dalam usia tersebut termasuk usia yang tepat untuk panen.

Nah anda dapat memanennya langsung menguras air kolam kemudian seluruh ikan dipanen atau anda dapat melakukan panen dengan cara selektif yaitu dengan hanya memanen ikan betok yang sesuai kriteria saja. Nah apabila anda memilih panen langsung atau total maka akan ada ikan yang besar serta kecil karena dipanen seluruhnya dalam kolam tersebut.

Informasi mengenai cara budidaya ikan betok ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis budidaya ikan air tawar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *