Ayuk Sholat Dhuha Sebelum Terlambat

Islam yaitu agama yg membawa berkah serta membimbing umatnya buat melakukan perbuatan kebajikan. Kegunaan agama islam bisa dirasa jikalau umat islam menjalankan kewajibannya. Satu diantaranya keharusan umat islam yaitu shalat. Tidak cuma shalat yg harus, islam ikut menyarankan umatnya buat mengerjakan beribadah sunnah seperti shalat dhuha. Perihal tersebut adalah metode menaikkan amal beribadah serta metode menaikkan akhlak manusia. Shalat dhuha yaitu shalat yg dilakukan pada kala dhuha atau pada waktu sehabis matahari keluar atau waktu 8 sampai sebelum tengah hari yaitu waktu 11 siang serta adalah satu diantaranya ragam shalat sunnah.

Jadi umat islam sepatutnya kita puas melaksanakan amal beribadah termasuk juga shalat dhuha. Shalat dhuha mempunyai banyak keutamaan shalat dhuha yg harusnya menstimulan kita buat melaksanakannya. Di antara keutamaan shalat dhuha itu yaitu :

1. Pahalanya seperti bersedekah

Melaksanakan shalat dhuha mempunyai nilai yg sesuai sama nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Sesdekah yg disebut yaitu sedekah yg dibutuhkan oleh 360 persendian badan kita lebih kalau kita ikhlas melaksanakannya ( baca beberapa ciri orang yg tak ikhlas dalam melaksanakan ibadah) Orang islam yg melaksanakan shalat dhuha akan beroleh ganjaran pahala sejumlah persendian itu. Seperti hadist Rasulullah saw, yg berbunyi :

“Disetiap sendi seseorang dari kamu ada sedekah, tiap-tiap tasbih (perkataan subhanallah) yaitu sedekah, tiap-tiap tahmid (perkataan Alhamdulillah ) yaitu sedekah,s etiap tahlil (perkataan lailahaillallah) yaitu sedekah, tiap-tiap takbir (perkataan Allahu besar) yaitu sedekah, memerintah terhadap kebaikan yaitu sedekah, terhindar dari kemungkaran yaitu sedekah. Serta dua rakaat Dhuha sepadan dengan pahala semua itu”

2. Dicukupi kebutuhannya

Shalat Dhuha yg dikerjakan oleh seorang di awal hari menjanjikan tercukupinya rejeki atau kepentingan seorang itu diakhir hari. Shalat Dhuha adalah shalat yg dikerjakan buat meminta rizki terhadap Allah SWT. Perihal itu ditunjukan oleh peraturan waktu pelaksanaan serta tersirat dalam do’a yg dibaca sehabis pelaksanaan shalat itu. Terkecuali itu, Allah ikut janji pada tiap-tiap umat islam yg rajin mengerjakan shalat Dhuha buat memenuhi apakah sebagai kebutuhannya, semestinya kebutuhannya disore atau di akhir hari. Dengan janji-Nya itu, Allah memang mau memberi balasan serta imbalan atas kesediaan hamba-Nya buat mengingat diri-Nya di waktu Dhuha dengan penuhi apa-apa sebagai kepentingan ia selama seharian itu. Janji Allah itu bisa diketemukan dalam satu hadist qudsi. Rasulullah saw. Yg bunyinya :

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di muka hari, jadi Saya akan mencukupimu disore harimu”

Janji Allah ini akan dapat berubah menjadi pemicu hati was-was disebabkan minimnya rizki yg dicapai dan menghambat bahaya putus harapan buat sejumlah orang yg tak dikasihkan rizki yg cukuplah. Shalat dhuha adalah satu diantaranya penghubung biar impian cepat terkabul seperti pada kika melaksanakan shalat hajat.

3. Menggapai Ghanimah atau keuntungan yg bertambah cepat

Orang yg dengan telaten melaksanakan shalat dhuha akan beroleh ghanimah atau keuntungan yg bertambah cepat atas izin Allah SWT. Perihal ini berlangsung di masa Rasullullah di mana Rasul memperbandingkan beberapa orang mukmin yg mengerjakan shalat Dhuha dengan mujahid yg pergi bertarung ke medan perang yg berjarak dekat dengan tampat tinggal mereka terus kembali secara cepat ke tempat aslinya dengan membawa ghanimah (rampasan perang) yg banyak serta tentu saja kemenangan. Perihal ini adalah motivasi buat melaksanakan amal beribadah dan usaha buat bertawakkal terhadap Allah SWT sebab kegunaan tawakkal sangatlah besar.

Rasulullah lantas menimbang kalau keuntungan yg akan dicapai oleh mereka yg mengerjakan shalat Dhuha akan sejumlah tambah banyak dibanding dengan keuntungan yg dapat dicapai oleh beberapa mujahid itu. Perihal ini seperti sabda rasullulah SAW yg bunyinya :

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) serta cepatlah kembali!. Mereka pada akhirnya sama sama bicara mengenai dekatnya arah (tempat) perang serta banyak ghanimah (keuntungan) yg akan dicapai serta cepat kembali (sebab dekat jaraknya). Terus Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian saya tunjukkan terhadap tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yg akan diperangi), sangat banyak ghanimah(keuntungan)nya serta cepat kembalinya? Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata kembali: “Barangsiapa yg berwudhu’, lantas masuk ke masjid buat kerjakan shalat Dhuha, dialah yg sangat dekat arahnya (tempat perangnya), tambah banyak ghanimahnya serta bertambah cepat kembalinya”

4. Diganjar dengan rumah di surga

Orang yg senantiasa bersedia menyempatkan saatnya buat mengerjakan shalat Dhuha 12 rekaat di muka hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berwujud satu rumah indah yg terbuat dari emas nantinya diakhirat. Perihal ini menurut Anas Bin Malik yg dengar kalau Rasulullah sawbersabda :

“Siapa saja yg shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuk dia satu istana yg terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

5. Memperoleh pahala haji serta umrah

Orang yg mengerjakan shalat Dhuha dengan telaten akan dapatkan pahala haji serta umrah prima Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yg melaksanakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, lantas dia (sehabis selesai) duduk mengingat Allah sampai keluar matahari, terus dia shalat dua rakaat (Dhuha), dia dapatkan pahala seperti pahala haji serta umrah; prima, prima, sempurna”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *